INTERNASIONAL - Gunung Caulle Puyehue Meletus, 3.500 Penduduk Dievakuasi


Langit gelap dan bau belerang bertebaran di udara. Abu pun membentuk lapisan awan dan menutupi wilayah Chili dan kota San Carlos de Bariloche, di Argentina. Demikian situasi yang terjadi di wilayah Chili akibat letusan Gunung Caulle Puyehue, Cordon, sekitar 920 km selatan ibukota Santiago, Chili selatan (4/6).


Letusan kali ini merupakan letusan dalam setengah abad terakhir. Sebelumnya letusan besar dari rantai terakhir empat gunung berapi itu terjadi pada 1960 silam.

Akibat letusan gunung berapi yang memuntahkan abu hingga 10 km ini, sekitar 3.500 penduduk dievakuasi darurat. Selama proses erupsi, wilayah Chili dilanda aktivitas seismik atau gempa konstan.

Akibat situasi yang memburuk ini, bandara pun ditutup

Gunung berapi Chaiten, Chili, meletus pada 2008 lalu untuk pertama kalinya sejak ribuan tahun silam. Gunung ini memuntahkan batuan cair dan awan abu hingga merusak kota terdekat. Sementara gunung berapi Llaima, Chili, yang merupakan gunung paling aktif di Amerika Selatan meletus terakhir kalinya pada 2008 dan 2009 lalu.

Chili merupakan negara kedua terbesar setelah Indonesia dengan sekitar 2.000 gunung berapi. 50 sampai 60 di antaranya berada dalam catatan pernah mengalami erupsi, sementara 500 lainnya dinyatakan berpotensi aktif. [yan]


*rakyatmerdeka.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)