NASIONAL - Pemerintah Launching Sail Wakatobi-Belitong 2011

Setelah menganggap sukses menggelar Sail Banda 2010, Pemerintah kembali akan menggelar Sail Indonesia bertajuk Sail Wakatobi-Belitong 2011. Sesuai namanya, perayaan dilakukan di dua tempat, Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada 23-29 Agustus dan Kepulauan Belitong, Bangka-Belitong pada 5-12 Oktober mendatang.

"Mulai hari ini rangkaian kegiatan Sail Wakatobi-Belitong dimulai. Ratusan kegiatan akan dilaksanakan. Kami beri tema clean ocean for the future" ujar Menteri Perikanan dan Kelautan, Fadel Muhammad saat jumpa pers launching Sail Wakatobi-Belitong, Gedung DKP, Jakarta, Selasa (7/6).

Dalam konferensi pers ini hadir juga Menko Kesra Agung Laksono, Menkes Endang Sedyaningsih, KASAL Laksamana Soeparno, Gubernur Babel Eko Maulana Ali, Gubernur Sulawes Tenggara, Nur Alam.

Seperti sail-sail sebelumnya, perayaan kali juga akan diwarnai oleh yacht rally dan yacht race, operasi bhakti surya baskara jaya, seminar nasional dan internasional, lintas nusantara remaja bahari serta pameran UKM dan produk-produk nusantara. "Akan ada kegiatan nikah massal bawah air. Ini unik dan menarik," tambah Fadel.

Sementara itu, Menko Kesra Agung Laksono mengatakan, Sail Wakatobi-Belitong bertujuan utama untuk menjadikan kedua tempat ini sebagai tujuan wisata baru. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya, Sail ini juga sebagai upaya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di kedua daerah itu.

"Kegiatan ini otomatis mendesak pemerintah untuk menggenjot pembangunan infrastruktur disana. Anggaran untuk pembangunan infrastruktur serta pendukung acara sedang dihitung," tegasnya.

Gubernur Sultra Nur Alam mengatakan berbagai persiapan di Wakatobi telah meningkatkan kegiatan perekonomian di Sultra. "Belakangan ini dengan adanya pembangunan infrastruktur kegiatan ekonomi mulai bergerak. Nama Wakatobi yang merupakan pulau terpencil pun mulai dikenal luas," tegasnya.

Gubernur Babel Eko Maulana Ali menyatakan dibanding Bali yang sudah dibangun menjadi tujuan wisata, kami berharap dengan adanya Sail Belitong menjadikan pulau ini menjadi tujuan wisata mendunia. "Kami berharap Belitong juga jadi tujuan turis asing sejak dilaunching malam ini," ungkapnya.[dem]


*rakyatmerdeka.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)