JAMBI - Kebakaran di Jambi Masuk Status Siaga I

Kabut asap yang menerpa Jambi akhirnya sampai ke telinga wakil rakyat di Gedung DPR RI. Anggota Komisi IV dari Fraksi PKS, Rofi' Munawar meminta pemerintah pusat tidak setengah hati mengatasi kebakaran lahan dan hutan. "Kebakaran hutan juga harus diwaspadai dari adanya kepentingan bisnis. Bisa jadi pembakaran dilakukan secara sengaja untuk pembukaan lahan baru guna kepentingan pengembangan bisnis perkebunan atau pertambangan," katanya di Jakarta, Kamis.


 Menurut dia, kebakaran Jambi telah memasuki status Siaga I. Kebakaran terus meluas dari sekitar 500 hektare pekan lalu menjadi lebih dari 1.000 hektare saat ini. Kebakaran terpantau pada 12 titik lahan gambut, termasuk tiga titik dalam kawasan Taman Nasional Berbak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan satu titik dalam Hutan Lindung Gambut Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

 Ia mengatakan kebakaran terjadi hampir dua bulan di Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan."Kementerian Kehutanan harus bergerak cepat dalam mengantisipasi titik api, jangan sampai terjadi penyebaran kebakaran yang tidak bisa dikontrol," kata Rofi.


*metrojambi.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)