SUNGAI PENUH,JAMBI - Pilwako Berpotensi Dua Putaran


Tujuh pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Sungaipenuh dipastikan akan bertarung di Pemilukada Kota Sungaipenuh yang akan dihelat 11 Desember  2010 mendatang.
Mereka adalah, Akhmadi Zubir-Mushar Azhari, Zulhelmi-Novizon Loethfi, Dahniel Miftach-Yos Adrino Adnan, Hasvia-Amrizal Jufri serta tiga pasangan lagi yang baru mendaftar, yakni AJB-Ardinal Salim, Zubir Mukhtar-Zamzami dan Ferry Siswadi-Syafriadi.
Tujuh pasangan itu sudah mendaftarkan diri bersama partai pengusung ke KPUD Kota Sungaipenuh.
Menariknya tidak ada lagi pasangan calon yang memiliki basis massa yang bisa diandalkan. Karena semua kecamatan yang ada sudah menampilkan putera terbaiknya untuk maju di Pemilukada minimal sebanyak 2 kandidat.
Pengamat politik Jambi, Sayuti Una, dimintai komentarnya mengatakan, melihat fenomena yang saat ini terjadi di Kota Sungaipenuh, sangat mungkin pilwako akan berlangsung dalam dua putaran.
Pasalnya, menurut Sayuti, dengan jumlah mata pilih yang berkisar 50 ribu pemilih, satu pasangan calon harus dapat meraup 15-16 ribu suara setara dengan 30+1 persen suara untuk memenangkan pilkada.
‘’Ini sangat berat karena ada tujuh pasangan calon yang berlaga,’’ katanya.
Selain itu, Sayuti mengatakan, dengan banyaknya calon yang maju dari seluruh kecamatan yang ada di Kota Sungaipenuh, otomatis kandidat tidak lagi mempunyai basis massa.
‘’Suara sudah terpecah, susah mencari basis massa,’’ katanya.
Tinggal factor emosional saja yang nantinya akan menentukan ke mana arah dukungan dari masyarakat terhadap pasangan calon yang muncul.
‘’Kalau dari satu kecamatan sudah lebih dari satu calon yang maju, tentunya pemilih yang pastinya akan memberikan dukungan adalah keluarga,’’ jelasnya.
Data koran ini, menyebutkan, di Kecamatan Tanah Kampung misalnya terdapat pasangan AJB-Ardinal Salim dan pasangan Zubir Mukhtar dan Zamzami, ditambah dengan pasangan Fery-Safriadi yang diprediksi juga bisa meraup suara di kecamatan ini karena adanya hubungan kepartaian Hanura.
Begitu pula di Kecamatan Hamparan Rawang. Selain memiliki satu bakal calon walikota yaitu Dahnil Miftah yang berpasangan dengan Yos Adrino, di kecamatan ini juga terdapat dua bakal calon wakil walikota yaitu Novizon Loethfi dan Mushar Azhari.
Tak beda jauh dengan Pesisir Bukit. Sebelumnya hanya memiliki satu nama bakal calon, namun akhirnya Ahmadi Zubir yang berpasangan dengan Muzhar Azhari akan memiliki pesaing yakni Zamzami yang juga merupakan putera Pesisir Bukit.
Sungaipenuh lebih banyak lagi. Dipastikan lima pasangan calon masing-masing Hasvia-Amrizal Jufri yang merupakan putera Sungaipenuh dan Pondok Tinggi kemudian,  Yos Adrino yang notabenenya adalah warga Dusun Baru yang berpasangan dengan Dahnil Miftach, Zuhelmi putera asli Pondok Tinggi dengan Novizon, AJB-Ardinal Salim juga dipastikan akan menggerogoti suara Sungaipenuh, begitu juga dengan Ferry Siswadi-Safriadi yang juga putera Sungaipenuh.
Kumum Debai juga sama. Zulhelmi dan Ferry Siswadi merupakan warga Kumun Debai. Tidak hanya itu, Yos Adrino  juga berpeluang meraup suara di kecamatan ini dikarenakan istrinya berasal dari Kumun Debai. 

*Sumber:www.jambiekspres.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)