JAMBI - HBA RAIH PENGHARGAAN ANUGERAH GEMILANG PRESIDEN

Karena dinilai berjasa serta memiliki komitmen dan kepedulian dalam menumbuh kembangkan aktivitas kepramukaan, khususnya di Provinsi Jambi membuat Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) mendapatkan Penghargaan Anugerah Gemilang Presiden dari Persekutuan Pengakap Malaysia, Negeri Melaka. (Organisasi Kepanduan Melaka).

Anugerah tersebut diserahkan secara langsung oleh Datuk Seri Haji Mohd. Ali Bin Mohd. Rustam, Ketua Menteri Melaka , Malaysia , pada Selasa pagi (31/5) lalu yang bertempat di Kemp Pengakap Puan Than Chai Yan, Bukit Katil, Melaka. Penyerahan Anugerah di bidang kepanduan ini dilakukan dalam sebuah prosesi Pembukaan Jambore Pengakap Melaka Bandaraya Warisan Dunia Ke- 8. "Anugerah ini diberikan atas komitmen, kepedulian dan jasa-jasa penerima anugerah di bidang kepramukaan," kata Datuk Seri Haji Mohd. Ali Bin Mohd. Rustam, Ketua Menteri Melaka yang juga merupakan  Presiden Persekutuan Pengakap Malaysia , Negeri Melaka.  

Gubernur Jambi HBA yang mendapatkan Penghargaan Anugerah Gemilang Presiden dari negeri jiran tersebut adalah selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jambi . Oleh Pengakap Malaysia, penghargaan Anugerah Gemilang Presiden tersebut diberikan kepada beberapa orang tokoh dari tiga negara, masing-masing Malaysia, Indonesia dan Brunei Darussalam yang dinilai berjasa di bidang Organisasi Kepanduan. Dari Indonesia sendiri, terdapat beberapa nama yang mendapatkan Anugerah Gemilang Presiden tersebut. Selain  Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA), nama-nama lain dari Indonesia yang mendapat penghargaan Anugerah Gemilang Presiden tersebut diantaranya Sjachroedin, Z.P (Gubernur Lampung), H. Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat), H. Rahudman Harahap (Walikota Medan), H. Ishak Mekki (Bupati Ogan Komering Ilir), H. Ali Mukhni (Bupati Padang Pariaman), H. Khairul Anwar (Walikota Dumai), Sekretaris Daerah (Sekda) Kampar H. Zulher, Ka Kwarda Nusa Tenggara Timur, serta beberapa nama lainnya. Tahun ini, disamping memberikan penghargaan Anugerah Gemilang Presiden,  Persekutuan Pengakap Melaka juga memberikan penghargaan Anugerah Presiden untuk tokoh-tokoh yang aktif di bidang kepramukaan di tiga negara. Dari Indonesia sendiri yang mendapatkan penghargaan Anugerah Presiden diantaranya adalah Kwarcab Dumai, Kwarcab Padang Pariaman dan Kwarda Sumatera Selatan.  

Gubernur Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) yang ketika itu sedang bersama dengan Gubernur Lampung usai mengikuti prosesi Pembukaan Jambori dan mendapatkan penghargaan Anugerah Gemilang Presiden  menyatakan bahwa dirinya berterima kasih telah diberikan penghargaan oleh Pengakap Malaysia. “Pertama-tama Kita berdua terima kasih, Kami berdua Alhamduliillah hari ini oleh Ketua Menteri Melaka dengan para Pengakap nya diberi penghargaan. Dan Saya melihat dari sisi perkembangan Asean, pertama dimana Bapak Presiden RI SBY sekarang ditunjuk sebagai Ketua Asean dan memimpin Asean beberapa tahun ini. Oleh sebab itu Kita mengharapkan jalinan hubungan  silahturrahim antara Negara Asean terutama pasukan-pasukan belia dengan pengakap dan Pramuka nya di Indonesia , Kita harapkan ke depan akan semakin kompak dan semakin akrab itu, “ jelas Gubernur Jambi HBA.

 HBA juga menambahkan bahwa disisi lainnya manfaat diselenggarakannya Jambori ini diantaranya adalah para peserta yang khususnya adalah para anak-anak Pramuka bisa saling tukar menukar  informasi serta pengalaman. “Dari segi pembinaan anak-anak belia kita Pramuka dan Pengakap, itu yang penting. Saya Salut dengan Melaka, walau pun kelasnya Negara Bagian tapi juga bisa melaksanakan kegiatan yang berstandar Asean, bahkan boleh dikatakan Internasional,” ungkap HBA.

Adapun tema pada Jambore Pengakap Melaka Bandaranya Warisan Dunia Ke-8 di Melaka Malaysia ini adalah “Pengakap Didahulukan, Aktiviti Diutamakan”. Jambore yang dilaksanakan dari tanggal 30 Mei s/d 2 Juni 2011 ini diikuti sebanyak kurang lebih seribu (1000) orang peserta dari berbagai negara termasuk Indonesia. Jambore dwitahunan ini diadakan dengan tujuan untuk mempererat tali silaturrahim, menambah ilmu pengetahuan, meningkatkan disiplin dan memupuk semangat perpaduan dalam suasasa harmonis.  (Dedy/Foto : Somad) 
Sumber : Biro Humas dan Protokol (05/06) www.jambiprov.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)