INTERNASIONAL - Iran Kirimkan Kapal Selam ke Laut Merah, Israel Geram


Iran dikabarkan telah mengirimkan kapal selam ke Laut Merah. Kabar tersebut pertama kali dilansir oleh kantor berita semi resmi Fars, Selasa, 7 Juni 2011, mengutip sumber yang tak bersedia disebutkan. Gerakan angkatan laut Iran, jelas kantor berita, membuat marah Israel.


"Kapal selam Iran telah memasuki perairan Laut Merah dengan tujuan mengumpulkan informasi dan mengindetifikasi kapal perang negara lain," jelas Fars.

Tak disebutkan secara khusus nomor lambung kapal namun mereka mengatakan kapal perang yang berada di perairan tersebut berasal dari Armada ke-14.

Televisi pemerintah Press TV menyebutkan, Mei lalu, Armada ke-14 Iran terdiri dari dua kapal tempur yakni Bandar Abbas dan Shahid Naqdi jenis perusak telah berlayar ke Teluk Aden.

"Armada tempur memasuki kawasan Teluk Aden pada bulan Mei dan sekarang merangsek ke Laut Merah untuk melanjutkan misi," papar Fars.

Sebelumnya, Februari lalu, dua armada tempur Iran melintas di Terusan Suez. Pelayaran angkatan laut Iran ini merupakan pertama kali sejak 1979 Republik Islam Iran berdiri. Teheran mengatakan armada yang berlayar menuju Suriah itu memiliki misi perdamaian dan persahabatan, namun Israel menganggap pelayaran tersebut sebagai sebuah bentuk provokasi.

REUTERS | CA


*tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)