INTERNASIONAL - Biaya Liburan Akhir Tahun Obama 1,5 Juta Dolar AS


Kas negara boleh kembang-kempis, tapi liburan keluarga Barack Obama di Hawaii dilaporkan menelan biaya setidaknya  1,5 juta dolar AS. Perhitungan biaya liburan Obama termasuk  63 ribu dolar AS untuk  penerbangan awal istrinya, dan  16.800 dolar AS untuk rumah sewa agen Secret Service dan personel Angkatan Laut  selama dua minggu.

Selain itu, akan ada tagihan hotel diperkirakan lebih  134.400 dolar AS untuk 24 staf Gedung Putih yang menginap di Hotel Moana yang sewa kamarnya 400 dolar AS perhari.

Estimasinya, tulis Hawaii Reporter, juga termasuk  250 ribu dolar AS  untuk lembur polisi setempat,  1 juta dolar AS untuk  penerbangan pulang pergi Obama dengan Air Force One, dan  10 ribu dolar AS  untuk sebuah ambulans lokal yang menyertai iring-iringan mobil presiden.

Biaya tambahan seperti makan staf, menyewa mobil untuk staf Gedung Putih, dan biaya perjalanan untuk agen Secret Service bepergian sebelum presiden sampai di tujuan belum termasuk dalam  hitung-hitungan itu.

Biaya itu, ulas mereka, sebetulnya bisa ditekan. Presiden, kata mereka,  bisa saja tinggal di sebuah pangkalan militer bukan villa mewah 7.000 kaki persegi yang harga sewanya 3.500 dolar AS perhari yang telah dijuluki "Winter White House." Namun untuk sewa ini Obama dikabarkan membayar dengan kocek sendiri.

"Mereka bisa memilih tempat yang lebih murah dan lebih aman untuk tinggal seperti rumah pantai di Kaneohe Marine Corps Air Station yang hanya berjarak dua menit berkendara dari tempat  mereka sekarang," kata surat kabar itu.

Gedung Putih menegaskan biaya liburan Obama sama dengan biaya liburan presiden-presiden sebelumnya.

*republika

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)