JAMBI - Didy: Wisata Alam Harus Dikembangkan


Objek wisata alam Jambi dilirik wisatawan mancanegara. Wisata alam tersebut menyuguhkan berbagai flora dan fauna. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jambi, Didy Wuryanto mengatakan, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung di kawasan hutan di Jambi untuk melihat aneka flora dan fauna.

Ia mengharapkan pemerintah kabupaten, pemerintah kota, dan masyarakat memaksimalkan potensi objek wisata itu sehingga mampu menarik wisatawan untuk datang ke provinsi ini.

   
Provinsi Jambi mempunyai potensi wisata alam berupa taman nasional yang di dalamnya sebagian besar masih dihuni masyarakat suku terasing Suku Anak Dalam atau Suku Kubu.
   
Menurut Didy, pengalaman petualangan ke alam bebas yang saat ini langka ditemui di negara-negara maju mengundang minat para turis untuk mengunjungi Provinsi Jambi. Apalagi, katanya, Jambi memiliki Hutan Harapan Rainforest yang dikelola PT Restorasi Ekosistem di Desa Bungku Kabupaten Batanghari.  
   
"Jambi juga memiliki geodiversity di kawasan hutan Merangin dan arum jeram di Kabupaten Merangin yang memberikan petualangan lain bagi wisatawan," katanya.
   
Jambi memiliki empat taman nasional, yaitu Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS), Tanam Nasional Berbak (TNB), Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT), dan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD).
   
Selain itu, keindahan panorama Kabupaten Kerinci dengan segala tradisi yang hidup di masyarakat sekitar serta kebudayaan lokal lain hampir merata di tiap daerah di Provinsi Jambi turut menarik minat wisatawan.
   
Bahkan, keberadaan calon warisan dunia, yakni situs Candi Muarojambi yang memiliki nilai sejarah tinggi serta sarat kebudayaan akan menambah nilai jual sebagai objek wisata.
   
"Potensi ini harus digali bersama. Pemkab dan masyarakat diharapkan dapat mengoptimalkan potensi itu dan menjadi prioritas dalam pembangunan karena akan memberi manfaat besar secara ekonomi," katanya.

*Sumber:tribunjambi.com 

2 komentar:

Areef Dh mengatakan...

tenyata banyak jg objek wisata di Jambi yang.. sayang memang kalau tidak dikembangkan..

ZakY mengatakan...

betull..betull..betull..kita liat kinerja pemerintahan baru ini...smoga jambi jadi lebih majuu...aminnn

Posting Komentar

free comment,but not spam :)