JAMBI - Kapolda: Inventarisir Gereja di Jambi

Pasca bom bunuh diri salah satu gereja di Kota Solo yang menewaskan pelaku dan melukai belasan warga, yang terjadi Minggu kemarin (25/09) sekitar pukul 11.00 WIB, Kapolda Jambi Brigjen Pol Bambang Suparsono segera mengambil beberapa langkah antisipasi. Kepada seluruh jajaran hingga tingkat Polsek, Kapolda memerintahkan agar melakukan inventarisir ulang gereja-gereja di wilayah hukum Polda Jambi, yang melakukan kebaktian.

‘’Selain itu, anggota juga diperintahkan untuk melakukan pengamanan baik secara tertutup maupun terbuka di tempat-tempat ibadah,’’ ujar Kapolda melalui Kabid Humas Polda Jambi AKBP Almansyah. Bila perlu, kata Almansyah, lakukan penggeledahan terhadap barang-barang dan orang yang dicurigai. ‘’Kepada warga, dihimbau agar melaporkan ke polisi terdekat, jika melihat, mengetahui dan mendengar ada orang asing atau pendatang yang mencurigakan,’’ tambahnya.


Langkah antisipasi lainnya adalah, meningkatkan koordinasi dengan pengurus gereja untuk mengaktifkan kembali pam swakarsa atau satpam setempat. Para tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Jambi, juga diajak untuk saling mendukung dan melakukan pengamanan bersama di wilayahnya masing-masing.

‘’Guna menghindari provokasi antar warga, Babinkamtibmas lebih aktif lagi. Selain itu, anggota yang ada juga harus menyambangi warga di wilayah tugasnya masing-masing,’’ kata Almansyah lagi. ‘’Patroli dan deteksi dini juga terus ditingkatkan. Terutama di tempat-tempat yang dicurigai. Yang jelas, warga juga harus tetap meningkatkan kewaspadaannya,’’ katanya lagi. (ndt)

*metrojambi.com 

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)