NASIONAL - Din: Presiden Harus Jamin Keamanan Nazar

Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki tanggung jawab paling besar terhadap keamanan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin sejak tertangkap di Cartagena, Kolombia, Minggu malam lalu. Keamanan Nazaruddin harus dijamin dalam perjalanan pulang ke Tanah Air hingga tiba dan menjalani proses hukum.


Menurutnya, Presiden harus menginstruksikan kepada aparat penegak hukum yang melakukan pengawalan untuk memberikan pengamanan ekstra terhadap Nazaruddin.

"Pemerintah harus ikut tanggung jawab, Presiden ikut bertanggung jawab. Kalau sampai terjadi apa-apa , ini akan menimbulkan fitnah besar. Jadi harus ada pengamanan ekstra, karena dia sumber dari segala sumber untuk membongkar kasus ini," ungkapnya di Gedung DPR RI, Rabu (10/8/2011).

Din mengatakan, tak mustahil jika kemudian Nazaruddin bisa bernasib sama dengan Munir. Padahal, keterangannya sangat diperlukan dalam upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air. Oleh karena itu, penjagaan terhadap Nazaruddin tak boleh main-main.

"Kalau sampai terjadi, ini skandal nasional," tambahnya.

Setelah tiba di Indonesia, Din berharap Nazaruddin langsung berada di bawah penanganan KPK. Penahanannya juga diharapkan langsung berada di bawah KPK. Din mengaku masih menaruh kepercayaan yang tinggi kepada KPK, termasuk pada integritas Ketua KPK Busyro Muqoddas.

"Yang paling penting Nazarudin harus dilindungi dari intervensi. Kalau ada intervensi dan ada nama-nama yang tak jadi disebut. Saya kira nama-nama yang sudah terlanjur disebut, termasuk Andi Malarangeng, Ibas dan lain-lain yang sudah ada di media disebutkan, ini jangan sampai terhapus, terpupus. Justru kita akan curigai kalau nama-nama yang sudah disebutkan itu hilang begitu saja," tandasnya. 


*kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)