INTERNASIONAL - Krisis Parah, PM Yunani Ganti Menkeu

Perdana Menteri Yunani, George Papandreou, mengganti menteri keuangannya yang lama dengan yang baru pada Jumat, 17 Juni 2011. Langkah ini merupakan perombakan kabinet yang dijanjikannya untuk mengatasi krisis negara tersebut. Dilansir dari laman The Telegraph, Menteri Keuangan Yunani George Papaconstantinou akan digantikan oleh Evangelos Venizelos, seorang ekonom sosialis yang menjadi saingan Papandreou sebagai ketua partai empat tahun lalu.


Menurut juru bicara pemerintah, Giorgos Petalitos, Papaconstantinou akan dipindahtugaskan menjadi menteri lingkungan hidup dan energi. Menteri keuangan adalah posisi pertama yang dirombak oleh Papandreou menyusul ketidakpuasan publik terhadap kinerja pemerintahannya dalam mengatasi krisis.

Papaconstantinou, 50, adalah sosok yang berhasil mendorong kesepakatan antara Uni Eropa dan IMF terkait pinjaman kepada Yunani sebesar 110 miliar uero. Akibat pinjaman ini, Yunani terpaksa memberlakukan pemotongan anggaran dan menaikkan pajak.

Kendati disegani di antara para koleganya di Eropa, Papaconstantinou menuai kritik dari berbagai kementerian di Yunani akibat langkah penghematan yang dia lakukan. Di bawah kepemimpinannya pula, Yunani gagal memenuhi target fiskal tahunan yang diperlukan untuk tetap mendapatkan dana bailout dari asing.

Perombakan kabinet oleh Papandreou juga dilakukan untuk mengambil hati parlemen agar menyetujui diberlakukannya langkah penghematan jilid kedua. Parlemen sendiri beberapa hari lagi akan mengambil suara mosi tidak percaya terhadap perdana menteri.


• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)