JAMBI - Telkom Kucurkan Pinjaman UMKM


PT Telkom Indonesia Cabang Jambi kembali mengucurkan bantuan pinjaman kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Jambi. Menurut Kepala Telkom Cabang Jambi, Zarwillis Yunas, pihaknya sudah mengucurkan bantuan pinjaman kepada UMKM sejak tahun 2005, melalui program corporate social responsibility (CSR).

Total bantuan pinjaman yang sudah diberikan sejak tahun 2002 hingga 2010 sudah mencapai Rp 30,6 miliar. Dalam rentang waktu itu, Telkom sudah membina 1588 mitra dengan total pinjaman Rp 30,6 miliar. "Bantuan pinjaman ini kita jadikan dana bergulir. Jadi jika pengembalian bagus akan dikembangkan terus," ungkapnya seusai acara penyerahan bantuan pinjaman lunak dan bantuan. Zarwillis mengklaim untuk wilayah Sumatera, Jambi termasuk yang baik dalam program pembinaan UMKM. Jika terus menjadi yang terbaik maka berpeluang untuk meningkatkan kuota bantuan. Pada tahun 2010, PT Telkom memberikan bantuan total 8,1 miliar dan 2011 dia berharap mencapai 10 miliar.


Sementara pada triwulan pertama tahun 2011, Telkom sudah mengucurkan dana sebesar Rp 7,7 miliar. Triwulan kedua akan dimulai pada bulan Juni dan dilanjutkan hingga triwulan ke empat. Dia menjelaskan, pinjaman ini berbeda polanya dengan yang ada di bank. Pinjaman ini tidak memeerlukan agunan dan bunganya cukup kecil. "Kita lebih kepada kepercayaan mitra. Jika baik pengembaliannya, maka pinjaman akan ditingkatkan lagi," ungkapnya.

Pinjaman yang akan diberikan Telkom cukup tinggi, maksimal Rp100 juta dengan jangka waktu pengembalian 2 tahun. Menurut dia, Telkom bukan hanya membantu manajemen UMKM saja, tetapi juga mengakseskan proses pemasaran dan mangikutkan bina mitaraan pada pameran industri. Sementara Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) dalam sambutannya mengungkapkan, bantuan Telkom ini merupakan salah satu bentuk keharmonisan antara dunia usaha, dengan pemerintah dalam pembangunan. Gubernur menyadari betul akan keterbatasan anggaran pemerintah dalam pembangunan.  Untuk itu, atas nama pemerintah dan masyarakat Jambi, Gubernur menyampaikan terima kasihnya, atas dilaksanakannya program kemitraan dan program bina lingkungan oleh PT Telkom melalui CSR.

Menurut Gubernur, Pemrintah Provinsi Jambi bersama-sama dengan pemerintah kabupaten/kota tetap konsisten dengan arah kebijakan pembangunan yang berorientasi kepada pengembangang ekonomi kerakyatan. Dalam prioritas pembangunan Provinisi Jambi yang termuat dalam rencana pembangunan Provinsi Jambi yang termuat dalam rencana pembangunan jangka menengah atau RPJMD provinsi jambi 2010-2015, mempriorotasikan pengembangan ekomoni rakyat, investasi dan kepariwisataan, yang sangat sejalan dengan program yang di laksanakan oleh PT Telkom Jambi. (apj)

*metrojambi.com 

1 komentar:

Tempoyak News mengatakan...

salam kenal, follow back ya..

beritanya menarik..

Posting Komentar

free comment,but not spam :)