INTERNASIONAL - Ini Dia 15 Negara yang Paling Bergantung Pada Jepang

Negara mana yang paling terkena dampak gempa dan tsunami dahsyat Jepang 11 Maret lalu? Menurut The Economist, setidaknya ada 15 negara yang perekonomiannya tergantung pada Jepang.Melihat kerusakan infrastruktur di Jepang, seperti kerusakan pelabuhan, kereta api, pembangkit listrik, kilang dan kepercayaan konsumen, maka mau tidak mau impor negara itu akan terpengaruh.

Siapa negara yang paling limbung karena ekonomi Jepang melambat? Tidak lain dan tidak bukan adalah tetangga Indonesia, Brunei Darussalam. Ekspor Brunei ke Jepang itu mencapai 28 persen dari PDB.

Seperti Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait dan Arab Saudi, ekspor Brunei ke Jepang adalah minyak dan gas bumi. Tapi di balik mandeknya ekspor migas ini ke Jepang, toh Brunei mendapat keuntungan bisa mengalihkan ekspornya ke negara lain. Dan harga minyak saat ini sedang tinggi-tingginya.

Selain Jepang, ekspor kayu Malaysia juga dapat menikmati dorongan dari rekonstruksi Jepang. Sementara Singapura dan Thailand, selain ekspor yang cukup besar mereka ke Jepang, mereka bergantung pada impor komponen untuk kelancaran industri manufaktur mereka.

Dimana posisi Indonesia? Ajaibnya, negara kita tidak ada dalam daftar 15 negara tersebut!

*republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)