INTERNASIONAL - Korut: Bersiaplah Perang Nuklir


Korea Utara (Korut) meng­gertak, jika perangnya de­ngan Korea Selatan (Korsel) terjadi, akan melibatkan sen­jata nu­klir dan tidak hanya terjadi di Seme­nanjung Ko­rea. Se­mentara itu, upaya dip­lo­matik terus ber­lanjut untuk meredakan kete­gangan yang meninggi setelah sera­ngan artileri mematikan ne­gara itu pada bulan lalu ter­hadap Korea Selatan.

Uriminzokkiri, situs web resmi negara komunis itu, mengatakan dalam sebuah komentar, kemarin, perang di Semenanjung Korea hanya masalah waktu. “(Ini) karena kebijakan perang gegabah Korea Selatan, bukan soal pe­rang atau damai di Seme­nan­jung Korea, melainkan kapan perang itu akan pecah,” tulis situs itu.

“Jika perang itu pecah, hal itu akan menye­babkan perang nuklir dan tidak terbatas di Semenanjung Korea,” kata situs itu dalam posting-nya hari Kamis.

Dalam komentar terpisah, harian Rodong Sinmun, yang merupakan corong dari partai yang berkuasa, Jumat, meng­gambarkan semenanjung itu sebagai tempat paling ber­ba­haya di dunia. Koran itu me­ng­ulangi seruan bagi sebuah perjanjian perdamaian resmi dengan Washington dan pena­rikan 28.500 pasukan AS dari Korea Selatan.

“Semenanjung Korea tetap menjadi wilayah dengan (po­tensi) bahaya perang terbesar di dunia,” kata surat kabar itu. “Hal ini sepenuhnya dise­babkan oleh kebijakan agresi AS terhadap DPRK (Korut).”

Korea Utara sering menya­takan bahwa perang nuklir sudah di ambang pintu. Kete­gangan militer meningkat tajam sejak negara itu menye­rang sebuah pulau perbatasan Korea Selatan pada tanggal 23 November, yang menewaskan dua marinir dan dua warga sipil. 

*rakyatmerdeka.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)