INTERNASIONAL - Dolar melemah, Harga Minyak Naik


Harga minyak di New York naik pada Senin waktu setempat, karena dolar Amerika Serikat melemah terhadap mata uang utama setelah pertemuan Kelompok 20 (G20) negara maju dan berkembang dan pasar saham "rally". Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Desember, ditutup pada 82,52 dolar per barel, naik 83 sen dari penutupan Jumat.

Di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Desember naik 96 sen menjadi menetap pada 83,54 dolar. Pasar minyak memperoleh dukungan dari sebuah rally saham moderat di Wall Street, tapi sebagian besar diangkat oleh pelemahan baru dolar.

Analis Deutsche Bank, Adam Sieminski mengatakan, dolar dan indeks S&P 500 telah menentukan kenaikan harga minyak. Mata uang AS yang lebih lemah membuat minyak dalam denominasi dolar lebih murah, sehingga mendongkrak permintaan dan mengarah ke harga yang lebih tinggi. "Kelemahan dalam dolar adalah pendorong kenaikan minyak mentah dan semua komoditas, termasuk emas, perak, dan tembaga," kata Andy Lipow dari Lipow Oil Associates.

Dolar jatuh mencapai terendah baru 15 tahun terhadap yen, setelah pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 akhir pekan lalu di Korea Selatan. 

Dalam sebuah pernyataan bersama, para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 negara maju dan berkembang sepakat untuk menghindari mata uang "tit-for-tat" (saling membalas) devaluasi mata uang dan bertujuan untuk "sistem nilai tukar lebih ditentukan pasar." "Kami tidak mendapatkan sesuatu yang mengejutkan dari hasil G20 dan orang-orang merasa seperti kita akan melihat negara-negara mencoba untuk menjaga nilai mata uang mereka rendah, terutama dolar," kata Lipow.

Federal Reserve AS diperkirakan akan melanjutkan pembelian obligasi besar-besaran, atau pelonggaran kuantitatif, untuk meningkatkan pemulihan dari resesi yang lemah. 

Langkah tersebut, berarti secara efektif mencetak uang, yang diharapkan dapat lebih melemahkan dolar.Harga minyak naik di seluruh sesi New York, walaupun ada tekanan dari kenaikan harga BBM di China, konsumen energi terbesar dunia, kata Sieminski.
"Cina mengumumkan menaikkan harga BBM -- itu akan menghambat permintaan di sana," kata dia.

Pedagang juga mempertimbangkan depresi tropis Richard, yang diturunkan dari badai kuat setelah menyerang negara Belize, Amerika Tengah. Badai melemah ini diperkirakan muncul Selasa pagi di Teluk Meksiko, area utama produksi minyak.

*Republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)