BANGKO - Gubernur Tinjau Korban Banjir Bandang

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, memantau warga korban banjir bandang di Tabir, Kamis (26/8).
Gubernur datang bersama Ketua DPRD Provinsi Jambi, Effendi Hatta, Bupati Merangin H Nalim, Sekda Merangin H Khafid Moein dan rombongan.
Begitu tiba di lokasi banjir Desa Tanjung Beringin, Gubernur disambut ratusan warga yang berjejer di sepanjang jalan utama desa tersebut, “Apa kabar, puasa semua hari ini tampaknya,” kata Gubernur saat menyalami warga.
Gubernur memberikan bantuan korban banjir yang rumahnya rusak masing-masing Rp 3,5 juta per kepala keluarga. Namun bantuan tersebut tidak langsung cair, karena butuh proses administrasi.
“Sebagai pemimpin harus memperhatikan betul kondisi warganya. Kami ini pelayan masyarakat, makanya begitu mendengar ada warga yang kena banjir saya langsung datang,” ucapnya.
Bupati Merangin, H Nalim, mengatakan, bencana banjir bandang di kawasan Tabir disebabkan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan meluapnya air Sungai Tabir. Akibatnya, 30 desa di enam kecamatan yakni, Kecamatan Tabir Barat, Tabir Ulu, Tabir, Margo Tabir, Tabir Timur dan Tabir Ilir terendam.
“Kerugian total akibat banjir mencapai Rp 112 miliar,” tuturnya.
Ditambabhkan Nalim, sebanyak 70 unit rumah warga rusak, 25 rumah diantaranya rusak total karena hanyut dan 45 rumah rusak berat. Kerusakan prasarana sosial diantaranya masjid rusak berat dua unit, mushola hanyut satu unit dan rusak berat satu unit, SD rusak berat dua unit (14 lokal).
Selain itu, SMA rusak berat sebanyak satu unit (4 lokal), TK rusak berat satu unit serta kerusakan MCK lima unit dan prasarana air bersih empat unit. Tidak hanya itu, kerusakan prasarana umum lainnya diantaranya, jalan poros kabupaten rusak berat sepanjang 75,5 Km. Bahkan jalan lingkungan 1.525 meter, jalan setapak 900 meter, bronjong 27 lokasi juga rusak, jembatan gantung delapan unit dan dua diantaranya hanyut, jembatan beton satu unit dan seluran irigasi empat kokasi rusak parah.
Kerusakan pertanian, perkebunan dan peternakan diantaranya seluas 336 hektar lahan sawah rusak total. Selain itu 42 ternak kerbau hanyut, kambing 171 ekor dan ayam 1.573 ekor.
Pemkab Merangin telah memberi bantuan lewat penggalangan dana dari seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) untuk pembelian material bangunan bernilai Rp 47,5 juta. Bantuan bahan kebutuhan pokok dan perlengkapan dapur, selimut  juga telah diberikan secara merata di setiap desanya.

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)