NASIONAL - Earth Hour, Sebagian Jakarta Gelap Gulita

Tepat pukul 20.30, Sabtu 26 Maret 2011, hampir seluruh lampu di wilayah Jakarta dipadamkan. Pemadaman ini sebagai bentuk aksi dalam memperingati Earth Hour.Pantauan VIVAnews.com, lima ikon di ibukota saat ini sudah dipadamkan. Yakni Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, Monas dan air mancurnya, air mancur Arjuna Wiwaha di dekat Indosat, Patung Pemuda, Gedung Balai Kota, dan gedung-gedung pemerintahan terkait.
 
Selain itu, gedung-gedung seperti Grand Hyatt, Wisma BCA di Jalan Jenderal Sudirman, Graha Mandiri di Jalan Imam Bonjol, dan Wisma BNI 46 juga dipadamkan lampunya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, mengatakan acara ini akan menghemat energi kota Jakarta hingga 120 mega watt dalam satu jam. "Ini setara dengan mematikan satu pembangkit listrik atau menghemat 267,3 ton karbon CO2 dan secara nasional sudah bisa menghemat hingga 811 mega watt," ujar Fauzi Bowo di Jakarta.

Fauzi menyatakan akan memulai gaya hidup cinta lingkungan berawal dari kantor Balaikota DKI Jakarta. Dalam waktu dekat, Balaikota DKI akan menjadi bangunan percontohan hemat energi atau green building.

Selain Jakarta, lima kota besar lainnya yang juga mendukung acara ini antara lain Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Puncak acara Earth Hour 60+ akan dilangsungkan di Balaikota DKI Jakarta, dan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dipastikan akan hadir dalam acara ini.

• VIVAnews

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)