JAMBI - Rp 851 M Untuk Bencana di Provinsi Jambi

Sekretaris Daerah Provinsi, Ir. Syahrasaddin, M.Si mengelar rapat dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang ada di setiap kabupaten maupun kota dan utusan dari Kesbangpol serta daerah yang belum mempunyai Badan Nasional  Penanggulangan Bencana di Ruang Pertemuan Badan Nasional Penggulangan Bencana Provinsi Jambi. 
 
Menurut Sekda yang akrab dipangil Sadin itu, ada beberapa hal yang dibicarakan dalam rapat tersebut di antaranya, pertama, disarankan untuk membentuk sesegera mungkin ini berkaitan dengan terkadang bencana itu tidak mampu kita antisipasi jadi kalau kita tidak ada bencana bukan dalam arti kata tidak ada sama sekali mungkin saja belum dan bencana itu tidak hanya dari bencana alam tetapi juga menyangkut masalah kebakaran.

Kedua, kita minta juga kesediaan kabupaten kota terutama yang berkaitan dengan angggaran di APBD untuk mengganggarkan yang berkaitan dengan bencana baik anggaran institusi maupun anggaran kegiatan termasuk dana ongkol yang suatu saat bisa segera kita gunakan untuk menanggulangi bencana yang secara cepat.

Ketiga, kita sepakat untuk mengusulkan anggaran bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Nasional melalui kabupaten kota yang dikoordinasi oleh pemerintah provinsi tapi kita sudah coba usulan kurang lebih sekitar Rp 851 M untuk seluruh kabupaten/kota kecuali tebo yang belum mengusulkan angkanya mungkin akan lebih lagi. Tetapi, tadi kita coba untuk mengarahkan kegiatan itu diarahkan kepada hal-hal  yang sangat urgent/penting yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan harapan agar kegiatan ini atau program ini dapat disetujui oleh pemerintah pusat untuk APBN 2012,” ujar Sekda.

Pengusulan anggaran yang telah diikuti oleh seluruh kabupaten/kota ini Sekda berharap tidak ada unsur saling menyakiti dalam arti kata setiap kabupaten atau kota mampu saling jujur dalam pengusulan, sehingga tidak ada dusta. Melakukan koordinasi merupakan hal yang sangat diperlukan supaya tidak terjadi kesalahpahaman untuk menanggulangi bencana, bencana yang tidak pernah tahu kapan akan datang harus sesegera mungkin diantisipasi agar dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar.

Ditambahkan oleh Sekda,untuk yang akan datang ini usulan dalam rangka untuk mengantisipasi rancangan RKPN pemerintah pusat  dengan rencana teknis penyusunan proposal akan dibantu oleh Pemerintah Provinsi dengan Tim dari Pemerintah Kabupaten Kota dan kita berharap hari Jumat ini bisa selesai. Kemudian dari usulan itu nanti kita rekomendasikan kepada Pemerintah Pusat melalui Gubernur Jambi dicoba untuk melakukan pendekatan mendapatkan bantuan itu bagi yang belum mempunyani badan kita akan coba melakukan perubahan nomenklatur.

Saran dari Sekda ini diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan dan ditindaklanjuti oleh masing-masing kabupaten/kota dalam membentuk segala sesuatu yang berkaitan dengan kesiapan dan kemampuan dalam menanggulangi bencana yang ada. Sehingga kedepannya segala bencana yang ada mampu diantisipasi secara baik dan profesional. 
 
(Infojambi.com/HMS/Raihan)

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)