MUARATEBO - 252 Polisi Kawal Debat Kandidat


Hari ini (28/2), tiga pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Tebo dijadwal mengikuti debat kandidat yang digelar oleh KPUD. Debat akan digelar di Aula Utama Kantor Bupati Tebo, sekitar pukul 09.00. Para kandidat akan adu argmentasi dengan para fanelis dari akademisi, mahasiswa, pengamat politik dan tokoh masyarakat.
 
Anggota KPUD Tebo Subirman mengatakan, sistem yang digunakan dalam debat kandidat tersebut hampir sama dengan acara debat kandidat yang sudah pernah dilakukan di daerah lain, yakni sistem fanel dengan total waktu 180 menit (tiga jam). 

“Debat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana para kandidat mengusai visi dan misi mereka, dengan waktu yang telah ditetapkan,” kata Subirman, kemarin (27/2).

Menurut dia, dalam debat kandidat tersebut ada sesi tanya jawab antarkandidat mengenai program dan visi misinya masing-masing. “Sesion ini akan berlangsung seru, karena kandidat saling melemparkan pertanyaan,” sambungnya.

Sementara itu, tiga pasangan kandidat menyatakan siap mengikuti debat kandidat tersebut. Mereka berjanji akan menjawab pertanyaan demi pertanyaan dengan realistis tanpa mengumbar janji.

Cabup nomor urut 1, Sukandar misalnya. Dia mengaku sudah siap berdebat dengan bahan visi dan misinya maju menjadi kandidat Bupati Tebo.

“Saya siap menjawab berbagai pertanyaan dari para panelis,” kata Sukandar, kemarin.
Sukandar mengaku tidak melakukan persiapan khusus menghadapi debat kandidat tersebut. Namun dia kembali menegaskan siap menjawab dengan fakta dan realistis dan tidak mengumbar janji politik.

“Debat kandidat bukanlah ajang untuk berjanji politik ataupun mengobral kata-kata dan jawaban yang sifatnya membohongi publik. Saya akan menjawab pertanyaan sesuai dengan realitas dan fakta yang akan diwujudkan jika nanti terpilih,” kata kandidat yang diusung partai Golkar, PKS, PBR dan PBB itu.

Secara garis besar, kata dia, pertanyaan yang akan dilontarkan dalam debat itu jelas menyangkut visi dan misi. “Jika telah menguasai apa saja program yang akan kita jalankan, tentunya tidak perlu adanya persiapan khusus,” ujarnya.

Cabub nomor urut 2, Ridham Priskap juga mengaku siap menjajal pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan para panelis yang hadir nanti. “Saya siap berdebat tanpa persiapan khusus sebelumnya. Tidak ada masalah, kita akan menjawab pertanyaan panelis dan bagaimana mewujudkan Tebo JUARA 2016 di bawah kepemimpinan Ridham-Eko, pilihan masyarakat Tebo,” kata Ridham.  

Sementara Cabup Yopi Muttalib hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi. Ketika dihubungi via telepon selulernya, Yopi tidak mengangkatnya. Begitu juga dengan pesan singkat (SMS) Jambi Independent tidak dibalasnya.

Di bagian lain, Polres Tebo akan all out mengamankan agenda debat kandidat hari ini. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Tebo akan menerjunkan sekitar 252 personel untuk mengamankan jalannnya acara yang diprediksi berlangsung panas tersebut.

Kapolres Tebo AKBP M Arifin mengatakan, mengingat adanya massa simpatisan yang dibawa oleh masing-masing kandidat dan panasnya debat tersebut, Polres Tebo menerjunkan 252 personel untuk melakukan pengamanan. Pengamanan ekstraketat ini dilakukan untuk mencegah terjadinya keributan dan kerusuhan.

“252 personel dari Polres Tebo siap disiagakan di Aula Utama kantor Bupati Tebo. Ini dilakukan karena masing-masing kandidat membawa massa dan simpatisan yang akan saling beradu yel-yel dan dapat berdampak ricuh,” katanya, kemarin.

Menurut kapolres, massa simpatisan yang datang tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan, sehingga aparat keamanan tidak boleh lengah dan terus menjaga serta memantau jalannya debat kandidat. “252 personel yang diterjunkan itu terdiri dari Dalmas, Pam terbuka dan tertutup. Masyarakat yang akan menjadi provokator dan memancing timbulnya kericuhan akan diamankan, sehingga jalannya debat kandidat akan berlangsung lancar, aman dan tertib,” jelasnya.(usa)

*jambi-independent.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)