INTERNASIONAL - Dinosaurus Baru Bernama Paha Geledek


PARA peneliti menamai spesies baru dinosaurus dengan sebutan paha geledek karena otot pahanya yang besar. Fosil dinosaurus yang ditemukan di sebuah tambang di Utah, Amerika Serikat, hanya sebagian, namunĂ‚  para ahli bisa menyimpulkan spesies baru itu memiliki kekuatan tendangan yang dahsyat. Spesies baru yang dideskripsikan dalam jurnal Acta Palaeontologica Polonica masuk dalam family sauropoda, kelompok dinosaurus yang memiliki ciri-ciri berleher dan ekor panjang.

"Jika ada predator yang mendekatinya, spesies dinosaurus itu bisa menggunakan tendangannya untuk mengusir mereka," ujar Mike Taylor dari University College London, Inggris.


Karenanya. tim peneliti memberikan spesies baru itu nama
Brontomerus mcintoshi--dari bahasa Yunani, bronto berarti geledek sementara meros berarti paha.

Fosil
Brontomerus mcintoshi yang ditemukan disebut berusia 110 juta tahun. Fosil itu diselamatkan dari Hotel Mesa Quarry di Grand County, Utah.

Ciri khas dari fosil-fosil spesies baru tersebut adalah tulang pinggul atau ilium yang berukuran lebih besar dibanding dinosaurus-dinosaurus sejenis. Ukuran tulang pinggul itulah yang membuat para ahli berkesimpulan
Brontomerus mcintoshi memiliki otot paha yang sangat kuat.

Jantan spesies dinosaurus baru ini diperkirakan memiliki bobot hingga enam ton dan panjang sekitar 14 meter. Brontomerus diperkirakan hidup di masa awal Periode Cretaceous. (BBC/OL-13) 

*media indonesia.com 

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)