NASIONAL - JK Sambangi Cipinang


Mantan wakil presiden yang juga politisi Partai Golkar, Jusuf Kalla, mendatangi Rumah Tahanan Kelas I Cipinang, Jakarta. JK diduga datang untuk menjenguk para politisi Golkar yang menjadi tahanan KPK terkait kasus dugaan suap cek perjalanan dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Mereka ditahan sejak Jumat (28/1/2011) sore.

JK hadir sekitar pukul 13.00 dengan menggunakan mobil Lexus hitam berpelat B 1571 RFO dan dikawal sebuah mobil patroli khusus. Tidak ada keterangan apa pun yang meluncur dari Ketua Umum Palang Merah Indonesia ini. Dengan cepat, mobil langsung meluncur masuk pintu 1 Rutan Cipinang dan petugas rutan dengan sigap menutup gerbang sehingga tidak memberikan kesempatan wartawan untuk meminta keterangan JK.

Para politisi Golkar yang ditahan di Rutan Cipinang adalah Paskah Suzetta yang diduga menerima cek Rp 600 juta, Martin Brian Seran yang diduga menerima cek Rp 250 juta, dan Ahmad Hafid Zamawi yang diduga menerima cek Rp 600 juta.

Aliran cek tersebut diduga untuk memuluskan langkah Miranda Goeltom menjadi Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia tahun 2004. Pada awal September lalu, KPK telah menetapkan 26 tersangka dalam kasus suap senilai Rp 24 miliar ini. 

Namun, baru pada Jumat (28/1/2011) sore KPK menahan 19 orang di antaranya. Para tersangka tersebar di beberapa rutan, yakni di Cipinang, Pondok Bambu, dan Polda Metro Jaya.

*kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)