JAMBI - Pasar Modern Angso Duo Telan Dana Rp 90 Miliar


Pemkot Jambi masih menunggu realisasi pembangunan Pasar Angso Duo. Rencananya, Pasar Angso Duo modern akan dibangun Pemprov Jambi dengan anggaran Rp 90 miliar.
 
Kepala Kantor Pengelola Pasar Kota Jambi, Duria Sunita, kepada Tribun, Sabtu (8/1) mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu realisasi pembangunan tersebut. Dia tidak mengetahui kapan akan dimulai proyek pembangunan Pasar Angso Duo. Namun, yang jelas, pembangunan akan dilakukan pada tahun ini.

Menurutnya, setelah pembangunan selesai maka seluruh pedagang akan direlokasi ke bangunan baru tersebut. Termasuk para PKL yang berjualan di pinggir jalan depan Pasar Angso Duo. Sehingga, kondisi pasar lebih tertata dan kebersihan lebih terjamin.

Seluruh pedagang yang berjualan di Pasar Angso Duo berjumlah 2.908 pedagang. Mereka akan ditempatkan sesuai barang dagangan yang dijual. Misalnya, pedagang ikan disediakan tempat untuk berjualan. Dengan adanya penempatan blok, para pembeli lebih mudah mencari kebutuhan sehari-harinya. "Jika pembangunan pasar modern itu selesai di lokasi relokasi, para pedagang menyatakan siap pindah, "kata Duria.

Dia menjelaskan, rencana pembangunan Pasar Angso Duo telah melalui study kelayakan (feasibility study) secara cermat dan valid. Bahkan dalam pembangunan tersebut dilibatkan konsultan yang bertugas menghitung biaya dan merencanakan proyek pembangunan pasar Angso Duo. 

Walaupun lahannya milik Pemprov namun letak Pasar Angso Duo masuk wilayah Kota Jambi. Sehingga setelah pembangunan selesai maka rencananya operasional pasar Angso Duo akan diserahkan Pemkot Jambi. Retribusi dari sektor pasar juga akan masuk secara langsung ke PAD Kota Jambi. 

"Kami masih menunggu keputusan dari Pemprov Jambi, tapi kemungkinan akan diserahkan ke Pemkot Jambi,"jelasnya.

Pihaknya juga akan membangun beberapa pasar di Kota Jambi seperti pasar TAC, Pasar Baru diTalang Banjar. Agar pedagang dapat berjualan secara teratur, para pembelipun juga dapat memilih dan membeli kebutuhan sehari-harinya.

*tribunjambi.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)