JAMBI - Harga Cabai Meroket


Harga cabai merah kembali mengalami kenaikan yang sangat tinggi. Jika sebelumnya harga cabai merah perkilo dijual dengan harga Rp 20 ribu hingga 25 ribu, saat ini harganya melonjak drastis mencapai Rp 48 ribu per kilo. Hal ini berdasarkan  pantauan harian ini di Pasar Angsoduo kemarin (12/12). 

Menurut Rini, salah seorang pedagang cabai di Pasar Angso Duo kemarin, harga cabai merah ini mengalami kenaikan sejak 3 hari yang lalu.

“Harga cabai ini naiknya karena pasokan cabai dari toke cabai juga sudah kurang. Ini sudah 2 hari pasokan tidak masuk. Terlambat mungkin, makanya kami menaikkan harga cabai ini,” sebutnya.

Sementara itu, cabai rawit juga mengalami kenaikan yang signifikan. Jika sebelumnya cabai rawit dijual dengan harga Rp 24 ribu perkilo. Dikatakannya, saat ini harga cabai rawit mengalami kenaikan hingga menjadi Rp 50 ribu perkilo.

“Bukan hanya cabai merah saja yang mengalami kenaikan, cabai rawit juga naik. Harga cabai rawit ini sekarang Rp 50 ribu perkilonya,” lanjut Rini.

Bawang merah dan bawang putih juga tak luput dari kenaikan. Berbeda dengan kenaikan harga cabai yang mencapai belasan ribu, harga bawang ini hanya mengalami kenaikan ribuan rupiah saja. Jika sebelumnya harga bawang merah dipatok dengan harga Rp 20 ribu, saat ini harga bawang merah ini dibandrol dengan harga Rp 25 perkilo.

“Kalau bawang putih harganya sekarang Rp 27 ribu. Cuma naik Rp 3 ribu dari sebelumnya,” terang Rita, salah seorang pedagang lainnya.
        
    Jenis bahan dapur lainnya seperti ikan teri masih di angka yang tinggi sejak 2 minggu yang lalu. Sekilo ikan teri dengan kualitas yang baik dihargai Rp 70 ribu. Sementara untuk teri kelas sedang hanya di patok beberapa puluh ribu di bawah harga ikan teri dengan kualitas baik tersebut.
          
  “Ikan teri yang bagus itu harganya Rp 70 ribu, kalau yang sedang harganya Rp 45 ribu sekilo,” beber Rahman, salah seorang lainnya, masih di kawasan Angsoduo.
        
    Sementara itu, Siti, pedagang daging ayam mengatakan saat ini harga daging ayam juga lumayan tinggi. Daging ayam potong bersih dipatok dengan harga Rp 28 ribu. “Ayam kampung pastinya lebih tinggi harganya. Sekarang harga ayam kampung Rp 40 ribu,” jelasnya.
      
      Saat ini, hanya harga sayuranlah yang masih stabil. Ibu daun, salah seorang pedagang sayuran, mengatakan, hal tersebut. ”Sayur selalu stabil, makanya saya lebih memilih berjualan sayur, soalnya tidak pusing mikirin mau menaikkan harga,” akunya.
         
   Dari keterangannya, diketahui, saat ini harga kangkung per-ikat  seharga Rp 1500. sedangkan bayam Rp 2 ribu. Sementara itu harga sayur sawi sedikit lebih tinggi. “Sawi sekilo Rp 5 ribu,” pungkasnya.

*jambiekspres.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)