BATANGHARI,JAMBI - Pesaing dari Luar Batanghari Meningkat


Persaingan CPNS di Kabupaten Batanghari, yang diharapkankan berjalan jujur, bakal ketat. Terlebih, dengan keberadaan pelamar CPNS dari luar Batanghari, bahkan hingga dari luar Provinsi Jambi.

Data yang diperolah Tribun dari Kantor Pos Muara Bulian, terjadi peningkatan jumlah pelamar dari luar Batanghari.  Hingga hari ketiga masa pengiriman berkas lamaran, jumlah pelamar dari luar Kabupaten Batanghari telah mencapai 16 persen dari jumlah total pelamar.

 Sampai hari ini jumlah lamaran yang masuk dari luar Muara Bulian sudah 78 lamaran, sedangkan yang mengirimkan berkas dari Kantor Pos Muara Bulian ini baru 400 lamaran,” kata Kepala Kantor Pos Cabang Muara Bulian Farid Faisal, Selasa (16/11).
 Berkas yang dikirimkan dari luar Kantor Pos Muara Bulian paling banyak hari ini, jumlahnya 51 lamaran. Berkas itu ada yang dikirimkan lewat kantor Pos Kerinci,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, semua berkas lamaran yang dikirimkan pelamar dari luar Kantor Pos Muara Bulian akan ditransfer ke Kantor Pos Muara Bulian, untuk selanjutnya disampaikan kepada BKD Batanghari.   Berkas lamaran yang datang dari Kantor Pos yang lain akan diberikan kepada kami dulu. Dari situ kami bisa mengetahui perkembangan jumlah lamaran yang masuk tiap hari,” jelasnya.

Para pelamar dari Kabupaten Batanghari sendiri mengaku merasa tersaingi dengan banyaknya pelamar dari luar  daerah. Menurut mereka, banyaknya pelamar yang datang dari luar Muara Bulian akan membuat kesempatan menjadi PNS semakin kecil.

 Kalau semakin banyak pelamar dari luar, berarti persaingan semakin berat, dan kemungkinan untuk lulus juga semakin kecil,” kata Yuni, seorang pelamar yang tinggal di Muara Bulian. Menurutnya, persaingan tersebut bukan hanya persaingan dalam hal kemampuan menyelesaikan soal-soal yang diujikan, namun juga termasuk persaingan yang disebutnya persaingan utama.

 Kalau hanya persaingan dalam kemampuan menjawab soal mungkin itu bukan masalah besar. Persaingan utama itu biasanya persaingan uang. Itu sudah jadi rahasia masyarakat umum. Jarang ada yang lulus kalau tidak didukung faktor finansial,” ungkap alumni Universitas Jambi ini. Bila makin banyak yang berminat untuk mengisi posisi yang terbatas, tambahnya, maka penawaran akan semakin tinggi.

Terpisah, Kabid Mutasi BKD Batanghari, Iliyas, juga memprediksi meningkatnya jumlah pelamar yang datang dari luar Kabupaten Batanghari.   Saya perkirakan pelamar akan lebih banyak dari tahun kemarin, terlebih karena tahun ini di Kota Jambi tidak ada formasi yang dibuka. Persaingan pelamar asal Batanghari dengan pelamar dari luar memang akan semakin ketat lagi ,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Batanghari, Yulinar, mengatakan pihaknya akan melalukan upaya untuk mengontrol jalannya pelaksanaan seleksi CPNS 2010 supaya bisa lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.   Proses perekrutan ini akan kita awasi, supaya bisa berjalan sesuai dengan aturan yang sebenarnya,” ungkap Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Batanghari itu. 

*tribunjambi.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)