JAMBI - Seleksi CPNS Dibuka November


Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) CPNS di seluruh provinsi, kabupaten/kota akan dibuka serentak November mendatang. Untuk seluruh tahapan seleksi, jadwalnya dimulai akhir November hingga Desember.

"Memang agak mundur dari jadwal Oktober yang kita targetkan. Karena saat ini belum semua daerah yang telah ditetapkan rincian jabatan formasinya," kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian PAN&RB Ramli Naibaho yang ditemui di kantornya, Rabu (27/10).

Selain masih menggodok rincian jabatan formasi CPNS, Kementerian PAN&RB juga tengah menunggu hasil evaluasi tim verifikasi dan validasi. Pasalnya, tenaga honorer ikut masuk dalam rincian formasi CPNS di daerah-daerah.

"Jadi kalau daerah A, kuotanya 500 orang, itu sudah masuk jatah pelamar umum dan honorer. Nah, kita saat ini sedang menunggu hasil kajian tersebut, meskipun kita sudah punya ancar-ancar jatah honorer maksimal 40 persen," tuturnya.

Dia mengimbau agar daerah-daerah yang telah mengajukan rincian jabatannya harus tegas dan tidak bimbang. Sebab jika pemda terus dalam kebimbangan, maka seleksi CPNS juga terus tertunda.

"Kalau sudah yakin dengan rinciannya sebenarnya langsung bisa dibuka seleksinya. Hanya pemda banyak yang ragu-ragu, makanya terus diperbaiki. Akibatnya jadwal seleksi CPNS tertunda lagi," tandasnya.

Sementara itu, Kepala BKD Provinsi Jambi, Husnaini yang dihubungi koran ini juga mengaku belum mengetahui jadwal pasti penerimaan CPNS. Dan dia sendiri tidak berani memastikan.

Sementara itu, saat ini juga sedang dibukanya penerimaan Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Provinsi Jambi membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) bagi tamatan D-2 PGMI/PA/PGSD dan S-1. Kakanwil Depag Provinsi Jambi Kadir Husein mengatakan, pada penerimaan CPNS 2009, pihaknya akan merekrut 121 CPNS untuk mengisi jabatan guru dan tenaga teknis di sembilan kabupaten/kota. 

Secara rinci, 115 tenaga guru dan 6 tenaga teknis. “Kita lebih banyak membutuhkan tenaga guru karena hingga saat ini masih membutuhkan banyak guru yang akan ditempatkan di MIN dan MAN,” ujarnya.

Untuk tenaga teknis, tiga orang akan ditempatkan di lingkup Kanwil Depag Provinsi Jambi, yakni pranata komputer dari S-1 teknik informatika 1, pranata laporan keuangan dari S-1 akuntansi 1, dan 1 lagi penyusun program evaluasi dari S-1 administrasi.

Tiga lainnya tenaga pranata komputer dari S-1 teknik informatika untuk Kerinci, teknik keuangan dari S-1 akuntansi untuk Merangin, dan tenaga penyusun program evaluasi untuk Tebo.Sedangkan guru di antaranya S-1 FKIP ekonomi, akuntansi, biologi, fisika, matematika, kimia, geografi, dan sosiologi. Sedangkan tamatan pendidikan agama Islam hanya dibutuhkan sedikit, di antaranya lulusan dakwah, syariah, ushuluddin, dan adab.

Depag juga menerima lulusan D-2 PGMI/PA/PGSD. “Kali ini memang kita lebih banyak membutuhkan tenaga guru dari mata pelajaran umum dibandingkan tamatan pendidikan agama Islam,” ujar Kadir Husein.

Cara pendaftaran adalah berkas lamaran ditujukan kepada kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jambi. Surat lamaran harus dikirim melalui kantor pos hingga 20 Oktober 2009 cap pos. “Jadi para pelamar yang berasal dari kabupaten lain bisa mengirimkan lamaran mereka melalui pos, tidak harus datang ke Depag Provinsi,” ujarnya.

Persyaratan yang harus dilengkapi pelamar di antaranya fotokopi ijazah yang sudah dilegalisasi 1 lembar, foto 3x4 2 lembar, dan fotokopi KTP 1 lembar. Lalu usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. “Informasi lebih lengkap bisa melihat langsung pengumuman di Kantor Depag Provinsi Jambi,” ujarnya.

*Sumber:jambiekspres.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)