INTERNASIONAL - Inggris Tawar Ronaldo 200 Juta Poundsterling


Ternyata rencana Portugal menjual Cristiano Ronaldo ke Spanyol karena lilitan utang luar negeri, tercium Inggris. Dan mencium gelagat publik Spanyol sedikit enggan menerima Ronaldo, Perdana Menteri Inggris, David Cameron ikut mengajukan penawaran.
 
The Independent memberitakan saat ini David diisukan sedang menyiapkan penawaran jauh lebih tinggi, yaitu sebesar 200 juta poundsterling atau sekitar Rp 2,8 triliun, untuk mempengaruhi Ronaldo agar bermain untuk Inggris.

"Liga Premier Inggris adalah tempat Ronaldo dibesarkan menjadi bintang. Jadi wajarlah kalau Ronaldo bermain untuk Inggris," ujar David. Bahkan, menurut David, Menteri Negara Inggris Urusan Bisnis, Vincent 'Vince' Cable, sudah siap pula membayar jumlah tersebut dengan penerimaan pajak, dan Ronaldo sendiri bakal diberi keringan.

Selama ini memang belum pernah ada pemain sepak bola yang menjalani transfer antarnegara. Namun, sejumlah pemain legendaris juga pernah melakukan yang mirip. Alfredo di Stefano misalnya, pernah bermain untuk Argentina dan Columbia, sebelum akhirnya memperkuat Spanyol. Begitu juga Ferenc Puskas, yang pernah membela Hongaria, sebelum mengenakan kostum timnas Spanyol.

Sejak era Puskas itulah, FIFA, badan sepak bola dunia, memperketat aturannya. Jika seorang pemain sudah bermain di kompetisi internasional untuk sebuah negara, maka pemain tersebut tidak boleh pindah membela negara lain, kecuali memang memiliki dua kewarganegaraan pada saat yang bersamaan.

*republika.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)