NASIONAL - Takhayul, Bencana karena Alam Tolak SBY


Demi peluncuran buku terbarunya, Strategi Kebangsaan Satrio Piningit 2014, mantan bakal calon presiden dari jalur independen, Yuddy Chrisnandi, mengaku banyak melahap literatur Jawa kuno yang berkisah soal satrio piningit yang ditulis Ronggo Warsito pada abad ke-14.

Dari hasil bergumul dengan literatur Jawa kuno tersebut, Yuddy sampai pada kesimpulan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah satrio piningit ke-6. Secara keseluruhan, Ronggo Warsito memperkirakan ada 7 satrio piningit di bumi Nusantara.

Yuddy yang juga Ketua DPP Partai Hanura Bidang Pemenangan Pemilu mengatakan, situasi alam, sosial, dan gejolak politik yang terjadi saat ini mirip dengan apa yang digambarkan Ronggo Warsito ketika satrio piningit ke-6 memimpin.

"Kepemimpinannya diawali bencana alam besar, lalu diikuti bencana-bencana alam lainnya, terbukanya kejahatan moral kemanusiaan, dan akan ada bencana alam kembali," kata Yuddy di sela-sela acara peluncuran bukunya di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (24/10/2010).

Seperti diwartakan, beberapa bulan setelah Susilo Bambang Yudhoyono terpilih menjadi Presiden, tsunami meluluhlantakkan bumi Serambi Mekkah. Setelah itu, berbagai bencana alam datang silih berganti, mulai dari gempa hingga banjir bandang.

Saat ini, Gunung Merapi tengah bergejolak dan diperkirakan akan meletus dalam waktu dekat. Hal ini, kata Yuddy, sekaligus membantah anggapan bahwa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ditolak alam. Saat ini ada anggapan di masyarakat bahwa berbagai bencana alam terjadi sebagai indikator bahwa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ditolak alam.

"Itu takhayul. Dalam perspektif sejarah bahwa, memang, siapa pun yang menjadi pemimpin Indonesia saat ini, dia akan menghadapi kondisi alam, sosial, gejolak politik seperti sekarang. Kalau yang memimpin Pak JK, Wiranto, Prabowo, kondisinya akan sama," katanya.
 
Sementara itu, lanjutnya, satrio piningit ke-7 diperkirakan adalah sosok pemimpin yang mampu memperbaiki keadaan, bisa diteladani, dan menonjol di aspek religiusitas. Peran satrio piningit ke-6 sangat penting dalam mempersiapkan satrio piningit ke-7.

*Sumber:tribunjambi.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)