INTERNASIONAL - Malaria : Di Afrika, 1.920 Anak Tewas Per Hari


Penyakit malaria di Afrika memakan korban belasan ribu jiwa. Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam enam bulan terakhir seperti dikutip Reuters, Kamis (4/8/2011), tercatat satu anak meninggal akibat malaria per 45 menit atau 1.920 anak per hari.

Korban paling banyak adalah anak-anak berusia di bawah lima tahun. Afrika menyumbang sekitar 90 persen dari 800.000 kematian akibat malaria setiap tahun. Hasil pengamatan selama enam bulan di Kenya, 25 persen anak dirawat karena malaria.

Menurut WHO, setiap tahun di seluruh dunia terdapat sekitar 240 juta kasus penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk tersebut. Anak-anak adalah korban teratas.
Kepatuhan para pekerja kesehatan terhadap pedoman pengobatan malaria yang baik dan benar sangat penting. Jika seorang pasien sudah terkena malaria, maka dia akan bisa sembuh jika ditangani dengan tindakan medis yang tepat.

Hal yang harus diwaspadai, jangan sampai parasit malaria kebal terhadap obat. Meskipun pedomannya relatif sederhana, ahli malaria mengatakan terjadi banyak kegagalan dari petugas kesehatan dalam mematuhi pedoman itu. 

*kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)