INTERNASIONAL - Meski Ada Peringatan, Filipina Selatan Rayakan Akhir Ramadhan dengan Tembakan


Meski berulang kali diimbau polisi dan aparat militer serta para pemimpin agama Islam agar pemilik senjata api tidak melepaskan tembakan pada akhir bulan puasa, ledakan pistol bergema di kota dan provinsi Maguindanao pada saat umat Muslim menyambut Idul Fitri, Selasa (29/8).

NASIONAL - NU: Hari Ini 1 Syawal, yang Puasa Segera Berbuka


KH Maulana Kamal Yusuf,  salah satu ulama besar di Jakarta yang juga menjabat Rois Suriah Pimpinan Wilayah Nahdlatul Ulama DKI Jakarta, mengatakan, hari ini, Selasa (30/8), sudah masuk 1 Syawal 1432 H. Bagi umat muslim yang masih melaksanakan ibadah puasa dianjurkan untuk segera berbuka puasa.

JAMBI - Paket Wisata Ketek yang Khas

Bingung mau kemana buat mengisi libur lebaran ini, bagi warga Kota Jambi yang tidak mudik bisa berekreasi menikmati panorama sungai Batanghari hingga ke Selat Berhala menggunakan ketek. Pangkalan ketek pariwisata yang ada di Tanggo Rajo, depan rumah dinas gubernur Jambi sudah menyiapkan paket pariwisata bagi anda yang ingin mengisi liburan ini. Untuk menikmati pemandangan sepanjang jalur sungai Batanghari hingga ke komplek percandian Muarojambi tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

INTERNASIONAL - Ahmadinejad: Israel Wakili Brutalitas Kekuatan Imperialis Dunia

Presiden Republik Islam Iran, Mahmoud Ahmadinejad, menyatakan bahwa eksistensi rezim Zionis berlawanan dengan kehormatan, independensi, dan kepentingan seluruh bangsa dunia. Hal itu dikemukakan Jumat (26/8) oleh Ahmadinejad pada peringatan Hari Quds Sedunia yang menekankan bahwa rezim Tel Aviv itu terwujud berdasarkan penipuan dan kebohongan murni. 

NASIONAL - Calon Presiden Indonesia Dalam Teropong Amerika

Amerika terus membayangi panggung politik di negeri ini. Agar kepentingannya tidak terjegal, tampaknya penguasa negeri Paman Sam tak ingin orang-orang yang anti Amerika berkuasa di negeri ini. Bocoran kawat diplomat dari Kedubes Amerika untuk RI yang dirilis situs Wikileaks membuktikan hal itu. Setelah memuat dokumen rahasia Kedubes Amerika tentang anggota Kabinet RI yang pro Amerika, Wikileaks kembali memaparkan dokumen lain terkait pilpres (pemilihan presiden) 2014.

KERINCI - Pungutan Retribusi Pasar Dikeluhkan

Sejumlah pedagang di pasar tradisional Kerinci, mengeluh dengan pungutan retribusi pasar yang sering dilakukan petugas di luar ketentuan yang sudah ditetapkan. Selain itu, petugas retribusi juga sering tidak memberikan karcis resmi saat mengambil sewa pasar. Sehingga para pedagang merasa kuatir uang yang dipungut tersebut tidak masuk ke kas daerah.

INTERNASIONAL - WikiLeaks: Menteri-menteri RI Calon Sekutu AS


Kabinet Indonesia Bersatu II Presiden SBY disinyalir memuat nama-nama menteri yang potensial menjadi sekutu Amerika Serikat. Menteri-menteri ini diharapkan dapat memuluskan tujuan AS di berbagai bidang, di antaranya ekonomi, kesehatan dan politik luar negeri.

NASIONAL - Waspadai Trojan Baru di Facebook

Salah satu trojan yang sedang hangat-hangatnya menyerang jejaring sosial Facebook adalah Win32/Delf.QCZ. Ini adalah varian trojan yang pekerjaannya mengunggah virus lain dari Internet. Vendor antivirus Eset mendeteksi serangan trojan ini beberapa waktu lalu.

JAMBI - 10 Penumpang Lion dari Jambi Mengamuk


Sekitar 10 orang penumpang maskapai penerbangan Lion Air, dengan berbagai tujuan, mengamuk di Bandara Sultan Thaha, Rabu (24/8) siang. Penyebabnya mereka tertinggal pesawat yang sudah berangkat lebih dulu. Rosmiati, penumpang tujuan Yogyakarta, mengaku tidak ada pemberitahuan tentang perubahan jadwal keberangkatan. Menurutnya, sesuai dengan jadwal, pesawat berangkat pukul 12.05 WIB. Sedangkan ia tiba di bandara, pukul 11.20. 

INTERNASIONAL - Bungker Khadafy di Mata Ahli Bedah Brasil

Ahli bedah plastik Brasil, Liacyr Ribeiro, yang membedah kantong-kantong di bawah mata Moammar Khadafy tahun 1994, membeberkan rincian kunjungan langkanya ke bungker "luar biasa" pemimpin Libya itu, Rabu (24/8/2011). Ribeiro, ahli bedah terkemuka yang punya banyak kantor di Rio, berpartisipasi dalam sebuah konferensi medis di Tripoli ketika menteri kesehatan Libya saat itu memintanya untuk "memeriksa seseorang yang saya kasihi".

NASIONAL - Calon Pramugari Garuda Disuruh Bugil?

Para calon pramugari Garuda Indonesia asal Korea Selatan menuduh maskapai penerbangan Indonesia itu mengharuskan mereka tampil nyaris bugil dan diraba payudaranya dalam medical check-up. Kontan saja, tuduhan tersebut memprovokasi badai kritik.

JAMBI - Wagub Minta Satpol PP Tegas

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar meminta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Provinsi Jambi ikut mengawasi kehadiran pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi. Ini terkait pada Jumat (26/8) mendatang, merupakan hari terakhir masuk kerja bagi PNS menjelang Lebaran tahun ini. Sehingga dikhawatirkan banyak PNS yang membolos pada hari terakhir kerja jelang libur sembilan hari itu.

JAMBI - Bazda Kota Serahkan Zakat Rp 483 Juta

Badan Amil Zakat Daerah (BAZDA) Kota Jambi hari ini (24/08) menyerahkan zakat kepada karyawan dan pasien yang ada di RSU Kota Abdul Manaf. Zakat ini diserahkan melalui ketua Tim Penggerak PKK Kota Jambi, Ny Roro Endah Nirwani. Pada tahun ini, Bazda Kota Jambi menyalurkan Rp 483 Juta kepada warga tak mampu dan fakir miskin melalui lingkup SKPD.

INTERNASIONAL - 20.000 Orang Berdoa untuk Korban Rusuh London

Sekitar 20.000 orang berkumpul, melakukan doa bersama dalam pemakaman tiga korban meninggal dalam kerusuhan di Birmingham, Inggris. Menurut stasiun berita BBC, doa bersama itu digelar di Winson Green Summerfield Park. Tiga orang yang tewas itu adalah Haroon Jahan (21), Shazad Ali (30), dan Abdul Musavir (31). Ketiganya tewas tertabrak mobil saat mempertahankan toko dari para penjarah pada 10 Agustus kemarin.

NASIONAL - Ini Dia 8 Calon Pimpinan KPK


Kamis siang, Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan delapan nama calon pimpinan KPK ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Delapan orang tersebut, kata Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, dipilih dari sepuluh orang yang lolos di tahap wawancara.

BATANGHARI,JAMBI - Sajadah Terbang dan Salat Gemparkan Warga Muarotembesi


Peristiwa aneh terjadi di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Muara Tembesi, Batanghari, Rabu subuh (10/8) lalu. Beberapa warga yang tertidur habis tadarusan di Mesjid Khasful Iman pukul 03.00 WIB, dikejutkan dengan peristiwa di luar akal sehat manusia, yaitu sebuah sajadah tegak dan terbang seperti sedang sembahyang.

INTERNASIONAL - Demi Keselamatan, Muncul Usulan Liga Inggris Diundur

Hingga kini belum ada keputusan menunda kick off Premier League 2011/2012. Dengan mempertimbangkan keamanan dan keselamatan fans, beberapa pemain Tottenham Hotspur meminta laga diundur saja. London diguncang kerusuhan sejak akhir pekan lalu. Hingga tengah minggu ini aksi anarki tersebut masih terjadi dan bahkan menyebar ke beberapa kota lain, hal mana membuat batalnya laga ujicoba antara Inggris kontra Belanda.

NASIONAL - Rendang Padang Ikon Kuliner Dunia

Akhirnya, pengakuan tentang kehebatan kuliner Indonesia datang dari CNN. Lembaga berita dunia ini menobatkan 50 ikon kuliner dunia, di antaranya adalah rendang padang yang didudukkan di peringkat ke-11. Tidak cukup jelas kriteria penilaiannya. Tentu saja segera muncul banyak diskusi hangat tentang pemeringkatan ini. Misalnya, kenapa justru yang didudukkan pada peringkat tertinggi adalah gaeng massaman dari Thailand? Bukankah gaeng massaman alias gulai encer daging sapi ini bahkan belum dapat menyamai kegurihan kalio alias “rendang setengah matang” kita?

MUAROJAMBI,JAMBI - 80 Persen Kadis Bolos

Tidak puas hanya melakukan sidak di sekretariatan, Bupati Muarojambi kemarin (9/8) sekitar pukul 10.30 kembali melanjutkan sidak ke dinas-dinas guna memantau langsung kehadiran SKPD dan bawahnnya. Betapa kecewanya orang nomor satu di kabupaten Muarojambi ini saat mengathui hampir 80 persen pejabat yang dipilihnya tidak berada di kantor, sehingga bupati membuat catatan tersendiri mengenai hal ini dalam memilih pejabat baru.

INTERNASIONAL - Giliran Manchester yang Membara

Kerusuhan terburuk di Inggris terus terjadi dan memasuki hari kelima, Rabu (10/8/2011), saat para pemuda mengamuk di Manchester dan kawasan industri Midlands. Namun, London sudah mulai tenang  menyusul kehadiran 16.000 polisi yang membanjiri jalan-jalan demi menghentikan kekerasan itu.

NASIONAL - Din: Presiden Harus Jamin Keamanan Nazar

Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki tanggung jawab paling besar terhadap keamanan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin sejak tertangkap di Cartagena, Kolombia, Minggu malam lalu. Keamanan Nazaruddin harus dijamin dalam perjalanan pulang ke Tanah Air hingga tiba dan menjalani proses hukum.

JAMBI - Oknum Dewan Diduga Bekingi Truk Kontainer


Upaya penegakkan aturan lalu lintas di Kota Jambi mendapat tekanan dari berbagai pihak, di antaranya dari oknum anggota DPRD Kota Jambi. Seperti dalam upaya penertiban kendaraan yang melebihi tonase di kawasan jalan Pattimura kemarin (9/8). Saat itu sebuah truk membawa kontainer bermuatan keramik dari Pelabuhan Talang Duku, akan bongkar muat di Swalayan Mulia Bangunan jalan Pattimura. 

JAMBI - Pemerintah Diminta Peduli


Ketua Forum komunikasi pedagang pasar Angso Duo, Abdul Roni  meminta pemerintah peduli terhadap nasib para pedagang yang berjualan di pasar tradisional tersebut. Keperdulian yang diharapkan seperti bagusnya jalan di Angso Duo. Selama ini jalan yang ada kondisinya memprihatinkan dan becek jika hujan. Menurut Roni, Jalan yang baik jelas akan memberikan konstribusi yang bagus pula baik bagi konsumen, pedagang maupun pemerintah.

INTERNASIONAL - Tewas Saat Selamatkan Kucing, Petugas Pemadam Kebanjiran Simpati


Simpati warga Korea Selatan saat ini jatuh pada Kim Jong-Hyeon (29). Dia adalah petugas pemadam kebakaran yang tewas saat berusaha menyelamatkan seekor kucing. Banyak yang menuntut agar dia dimakamkan di pemakaman nasional, sebangsa taman makam pahlaman nasional, sebagai penghargaan.

NASIONAL - SBY Akui Masih Banyak Masalah dalam Pemerintahannya


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan para pimpinan lembaga negara hari ini menggelar silaturahim di Istana Negara. Selain membicarakan isu-isu terkini, juga dibahas capaian dan tantangan yang sedang dihadapi bangsa. Meski mengakui ada hasil, SBY juga mengakui masih ada saja masalah yang dihadapi bangsa.

JAMBI - PLN Kembali Alami Gangguan

Layanan PLN di Kota Jambi kembali dikeluhkan masyarakat Kota Jambi. Setelah padam pada sore hingga malam tadi (03/08) terjadi pemadaman di sebagian kawasan dalam Kota Jambi, hari ini (04/08) listrik kembali pada selama enam jam. Pihak PLN Jambi menyatakan, pemadaman ini bersifat insiden, akibat adanya gangguan di gardu induk Payo Selincah.

INTERNASIONAL - Malaria : Di Afrika, 1.920 Anak Tewas Per Hari


Penyakit malaria di Afrika memakan korban belasan ribu jiwa. Menurut laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) dalam enam bulan terakhir seperti dikutip Reuters, Kamis (4/8/2011), tercatat satu anak meninggal akibat malaria per 45 menit atau 1.920 anak per hari.

NASIONAL - Partai SRI : Sibuk Luar Biasa, SMI Ogah Berkomentar

Mantan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati, yang kini Managing Director Bank Dunia, mengaku tengah sibuk luar biasa terkait dengan awal tahun anggaran di kantor pusat Bank Dunia, Washington DC, Amerika Serikat. Oleh sebab itu, ia tak bisa memberikan komentar terkait keberadaan Partai Serikat Rakyat Independen (SRI) yang menjual namanya sebagai calon Presiden RI periode 2014-2019.

JAMBI - Kota Alami Degradasi Hutan


Daerah di Provinsi Jambi yang mengalami degradasi hutan adalah Kota Jambi. Hal ini diungkapkan Kadis Kehutanan Provinsi Jambi, Ir Hasvia MTP, ketika dirinya bersama dengan gubernur Jambi, wagub, sekda dan SKPD melakukan penanaman hutan di lapangan kantor Gubernur Jambi, kemarin.

INTERNASIONAL - China, Aktor Tunggal Hacker Dunia?


Seorang aktor tunggal diduga berada di balik pembobolan berbagai situs pemerintahan Amerika Serikat, PBB, kontraktor pertahanan dan badan Olimpiade. Tidak disebutkan siapa aktor tersebut, namun dugaan mengarah ke negara China, yang diduga tengah memata-matai AS dan sekutunya.

NASIONAL - Dapat Barang Kedaluwarsa, Lapor ke Sini

Kepolisian Daerah Metro Jaya membuka aduan masyarakat untuk makanan kedaluwarsa yang banyak beredar saat bulan Ramadan. Pelayanan tersebut dibuka melalui jejaring sosial Facebook dan juga telepon. Kepala Subdirektorat Industri dan Perdagangan Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Sandy Nugroho mengatakan, jika ada informasi dari masyarakat, pihaknya akan segera menindaklanjuti.

KERINCI,JAMBI - Gempa Bengkulu Goyang Kerinci

Gempa yang menggunjang Kabupaten Muko-muko, Kabupaten Bengkulu, dengan kekuatan 6.0 Skala Richter, dirasakan oleh masyarakat Kerinci. Gempa tersebut, sempat membuat panik warga yang langsung berhamburan keluar rumah. Gempa yang terjadi sekitar pukul 07.16 WIB tersebut, membuat sejumlah perabotan rumah tangga ikut bergoyang. Murid-murid SD yang sedang berkumpul dilapangan, terlihat ketakutan akibat goncangan gempa.

INTERNASIONAL - Israel Krisis Kepemimpinan!


Seorang analis Israel, Ethan Huber menilai bahwa krisis yang dihadapi Israel bukan hanya krisis ekonomi dan sosial saja, melainkan juga krisis kepemimpinan. "Krisis yang terjadi saat ini bermula dari kosongnya kepemimpinan kuat di Tel Aviv." Farsnews melaporkan, Huber meyakini bahwa demam revolusi di dunia Arab juga kini telah menjangkiti Israel. 

NASIONAL - Ratusan Titik Api Muncul di Riau


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Padang mendeteksi keberadaan titik api di Sumatera berdasarkan pemantauan mencapai 267 titik. "Keberadaaan titik api tersebut tersebar di Provinsi Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat dan Sumatera Utara menyebabkan daerah tersebut diselimuti kabut asap," kata Analisis BMKG Padang, Fitri di Padang, Selasa.

KERINCI,JAMBI - Pertamina Padang Sengaja Kurangi Jatah BBM

Kepala SPBU Koto Lebu, Zulpardi, mengaku telah disurati Walikota Sungaipenuh meminta agar SPBU yang dikelolanya menambah pasokan BBM untuk menormalkan kelangkaan BBM dan persiapan menghadapi Ramadan dan Lebaran. Namun katanya, jangankan untuk menambah pasokan, pasokan yang biasanya 3 tangki premium per hari, dikurangi oleh pihak pertamina Padang Sumatera Barat, karena stok BBM di Sumbar juga sudah menipis.