NASIONAL - Bapeten: Indonesia Aman, Radiasi Mungkin Mengarah ke Rusia dan China

Radiasi nuklir akibat meledaknya PLTN Fukushima disebut-sebut juga akan melanda Indonesia. Namun Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) menegaskan, wilayah Indonesia aman karena arah angin saat ini mengarah ke China dan Rusia. "Dari arah angin kemarin itu di antaranya ke utara dan barat. Kalaupun lolos dengan kecepatan angin 0,6 meter per detik, itu akan mengarah ke China atau ke Rusia tidak ke selatan atau ke Indonesia," kata Kepala Bapeten As Natio Lasman.

Hal itu disampaikan As dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Gadjah Mada, Jakarta, Selasa (15/3/2011).

As mengatakan, berdasarkan faktor arah angin dan zona eksklusif yang ditetapkan pemerintah Jepang, ketakutan radiasi akan sampai di Indonesia bisa dibilang tidak ada. "Itu bisa ditiadakan, kami menyatakan dampak radiasi nuklir di Fukushima tidak di Indonesia," kata As.

Ancaman radiasi nuklir di Jepang terjadi setelah PLTN Fukushima meledak pada Minggu 13 Maret lalu. Ancaman ini makin mengganas setelah ledakan yang lebih dahsyat terjadi pada Selasa 15 Maret. Ledakan menyebabkan tingkat radiasi meningkat 4 kali lipat dalam 1 jam.

22 orang dilaporkan telah terkena radiasi. Baru saja, Kedutaan Besar Prancis di Tokyo mengeluarkan peringatan, paparan radioaktif rendah efek ledakan di PLTN Fukushima Daiichi bisa mencapai Tokyo dalam waktu 10 jam.

Radiasi ini dibawa oleh angin. Kedubes Prancis pun mengingatkan warganya agar tetap tinggal di dalam ruangan dan tidak panik.
(ken/asy)

*detik.com 

0 komentar:

Posting Komentar

free comment,but not spam :)